Thursday, March 22, 2012

Saidina Umar ra, kisah suka dan duka

Suatu ketika Rasulullah SAW berkumpul dengan para Sahabatnya, beliau bertanya kepada para sahabatnya
“Siapa diantara kalian yang boleh membuat aku tertawa “
"Saya ya rasulullah". Jawab Umar . Kemudian Umar pun bercerita.
” Dahulu sebelum aku mengenal Islam ,aku pernah membuat patung berhala dari manisan , sewaktu aku lapar aku memakan berhala tersebut mulai dari kepalanya, terus tangannya hingga habis tak tersisa.” Mendengar cerita Umar ra, Rasulullah SAW tertawa hingga kelihatan gigi grahamnya, Beliaupun bersabda.
” Dimana akal kamu waktu Itu ?”
Umar menjawab “Akal kami memang bijak tapi waktu itu yang Menciptakan Alam menyesatkan kami”

Lalu Rasulullah SAW berkata kepada Umar.
” Ceritakan kepadaku hal yang membuat aku menangis”.
 Umar pun berceritanya ” Dahulu aku punya seorang anak perempuan, aku ajak anak tersebut kesuatu tempat, Tiba ditempat yang aku tuju aku mulai menggali sebuah lubang, setiap kali tanah yang aku gali mengenai bajuku ,maka anak perempuanku membersihkannya. Padahal dia tidak mengetahuinya sesungguhnya lubang yang aku gali adalah untuk menguburnya hidup-hidup untuk persembahan berhala. Setelah selesai menggali lubang aku kubur anak perempuanku hidup-hidup" .
 Mendengar cerita itu menitislah air mata Rasulullah SAW, tapi Umar telah menyesali perbuatan jahiliyyahnya sebelum dia mengenal Islam.

Begitulah sekelumit cerita Umar AlKhattab ra sebelum dia mengenal Nabi Muhammad SAW , Umar terkenal sangat sadis dan kejam kepada siapa saja, selepas mengenal Rasulullah SAW hatinya luluh dan menjadi orang yang sangat sabar dan tawadhu.